Thursday 27 October 2016

Belajar Taat Dan Bersyukur Kepada Tuhan? Baca Selengkapnya


BELAJAR TAAT DAN BERSYUKUR

Syalom saudara yang saya kasihi dalam Tuhan. Hari ini kita akan belajar tentang belajar taat dan bersyukur. Kita akan belajar dari kitab Mazmur 103 1-22.

Dan kita akan belajar 3 hal dari apa yang Tuhan lakukan bagi kita, sehingga kita seharusnya taat dan bersyukur senantiasa kepada-Nya.

Mari kita pelajari tiga hal tersebut :

PERTAMA : KARENA SEGALA KEBAIKAN TUHAN


Mazmur 103:2 "Pujilah Tuhan , hai jiwaku , dan Janganlah lupakan segala kebaikan-Nya".

Sudah seharusnya kita jangan lagi bersungut-sungut menyikapi keadaan yang tidak enak menurut daging kita. Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, hari demi hari Dia perhatikan keadaan kita. Dia awasi kita dengan kasih-setia-Nya, seharusnya kita selalu bersyukur untuk kebaikan demi kebaikan yang Dia berikan kepada kita. Seringkali kita merasa tidak puas atas apa yang telah kita capai, hal ini jangan terus menerus kita lakukan sebab Tuhan bisa merasa dilecehkan dengan persungutan kita, raja Daud tidak membiarkan dirinya hanyut dalam tekanan lalu bersungut-sungut dan kecewa sama Tuhan, tidak demikian yang dia lakukan, sebaliknya Dia mengakui segala kebaikan Tuhan, dia adalah seorang yang sangat rendah hati, sekalipun dia sudah menjadi seorang raja, terkenal, kaya-raya, hebat dalam perang, namun dia tidak sombong, melainkan mengingatkan dirinya supaya selalu memuji Tuhan. Suatu sikap rendah hati yang sangat tulus.

Bagaimana dengan kita ?

Apakah kita sudah bersyukur atas segala yang kita telah terima dari Tuhan ? Jika belum bersyukur secara tulus, mari kita tiru sikap hidup raja Daud yang selalu penuh rasa syukur dan hormat kepada Tuhan. Bangkitlah dari sikap yang negatif dan mulai Puji sembah Tuhan lebih sungguh-sungguh. Sikap seperti ini yang paling Tuhan sukai.

Yang mengerti dan mau melakukan katakanlah Yes Yes Yes 

KEDUA : KARENA DIA AMPUNI SEGALA KESALAHAN KITA


Mazmur 103 : 3 "Dia yang mengampuni segala kesalahanmu dan yang menyembuhkan segala penyakitmu".

Satu hal yang sangat melegakan hati kita semua adalah karena Allah kita tidak pendendam. Tidak dilakukan-Nya kita setimpal dengan dosa kita. Tidak dibalas- Nya kita setimpal dengan kesalahan kita. Tetapi sejauh timur dari barat , demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita. Itulah kebaikan Tuhan yang sangat besar bagi kita. Yang penting disini kita jangan lagi secara sengaja mau hidup dalam dosa terus menerus, tinggalkan itu semua dan ikutlah perintah-perintah Tuhan dengan segenap hati kita. Supaya Dia tidak merasa didukakan dengan kelakuan kita yang sengaja berbuat dosa lagi. 

Yang mengerti dan mau meninggalkan dosa katakanlah Yes Yes Yes.

KETIGA : KARENA DIA MENDIDIK KITA SEPERTI SEORANG AYAH MENDIDIK ANAKNYA


MAZMUR 103 : 13 "Seperti Bapa sayang kepada anak-anaknya , demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia".

Dengan pemahaman ini, sudah seharusnya kita selalu bersyukur dan tunduk dan taat melakukan segala perintah Tuhan, karena Dia mengasihi kita semua seperti seorang ayah mengasihi anaknya.

Anak tidak selalu dengar dan patuh kepada orangtua, tidak selalu mengerti apa yang orang tuanya inginkan, namun Seorang ayah tidak akan pernah melupakan anaknya, melainkan dengan penuh kasih sayang ia akan besarkan anak tersebut, tetap disekolahkan dan sampai anak itu dewasa dan sampai menikah dan bahkan sampai punya menantu dan cucu ayah tadi tetap memberikan kasih sayang yang dibutuhkan sang anak.

Wow, sungguh dahsyat kasih sayang seorang ayah terhadap anaknya, apalagi kasih Tuhan terhadap kita, wow tentu jauh lebih besar dan dalam daripada kasih ayah kandung kita terhadap kita, buktinya Tuhan Yesus mau mati untuk menebus dosa dan akibat dosa yaitu kematian kekal supaya kita bisa binasa kelak.

Dan sampai selamanya Tuhan Yesus sangat mengasihi kita, dengan demikian saya mengajak setiap kita, banyaklah mengucap syukur dan lakukanlah kehendak Tuhan dengan sungguh-sungguh supaya keadaan kita yang sudah baik akan menjadi semakin lebih baik dan kemuliaan Tuhan akan semakin tergenapi dalam kehidupan kita sehari-hari, sebaliknya yang keadaan saudara mungkin belum baik, saya mengajak saudara supaya segera bertobat dan kembali kepada Tuhan dengan segenap hati dan andalkanlah Dia dengan segenap hati maka lihat Tuhan pasti akan memulihkan keadaan saudara menjadi baik bahkan bisa menjadi sangat baik, penyakit sembuh, keuangan berkecukupan, jiwa dan batin tenang dan perlindungan Tuhan menyertai kita senantiasa.

Wow, banyak lagi janji-janji Tuhan yang sangat luarbiasa. Mari kita ikuti Dia dengan tulus hati dan bersyukurlah senantiasa kepada-Nya atas segala sesuatu yang telah Dia berikan, dan yang sedang Dia berikan dan yang akan Dia berikan kepada kita, imani bahwa kasih-setia-Nya tersedia bagi kita dari sejak kita belum ada di dunia ini dan bahkan sampai ke pada kekekalan nanti. Dia adalah Allah yang sangat perduli dan siap menolong kita dalam segala persoalan yang kita hadapi .

Yang percaya katakanlah Yes Yes Yes 


BY PASTOR YUSUF DEMAN SIMANGUNSONG 

0 comments:

Post a Comment